Abstract :
Skripsi ini membahas tentang ?Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Membina Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMKS TV Watampone Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone?. Ada tiga sub
masalah yang dikaji dalam skripsi ini pertama, adalah Peran Guru PAI dalam
Membina Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,
kedua, Metode Guru PAI dalam Membina Karakter Religius Melalui Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan ketiga, Faktor Pendukung dan Penghambat Guru PAI
dalam Membina Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMKS TV Watampone. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut,
peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi,
kemudian jenis penelitian yang yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan pedagogik dan pendekatan psikologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Peran guru PAI di SMKS TV
Watampone sudah berperan sangat baik terkhusus pada peran guru sebagai fasilitator,
motivator dan sebagai pembimbing. Kedua, Metode Guru PAI dalam Membina
Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS
TV Watampone terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kegiatan
religius dalam sekolah yaitu membaca Al-qur?an, shalat secara berjamaah dan
pelaksanaan Tadabbur Al-qur?an. Ketiga, Faktor pendukung dalam membina karakter
religius siswa melalui pembelajaran pendidikan agama Islam adalah adanya
hubungan kerjasama guru dan orang tua, adanya keprofesionalan guru pendidikan
agama Islam, serta pihak sekolah yang terus menerus berupaya dalam membina
karakter religius siswa dengan tujuan terciptanya sumber daya manusia yang
produktif, kreatif, inovatif, beriman dan bertaqwa. Kemudian Faktor penghambat
dalam membina karakter religius siswa melalui pembelajaran pendidikan agama
Islam yaitu diakibatkan oleh kepribadian siswa itu sendiri dan juga diakibatkan oleh
pengaruh keluarga dan masyarakat.