Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai ?Implementasi Model Desain Pembelajaran
Berbasis Pencapaian Kompotensi Terhadap Sistem Pembelajaran Daring dan Luring
di SD Inpres 5/81 Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone?. Latar belakang
penelitian ini yaitu desain pembelajaran berbasis pencapaian kompotensi ini keaktifan
peserta didik sangat diperlukan, tetapi terdapat sebagian peserta didik yang aktif
dalam mengikuti proses pembelajaran daring ataupun luring. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui dan memahami implementasi, hambatan dan solusi penerapan
model desain pembelajaran berbasis pencapaian kompotensi terhadap sistem
pembelajaran daring dan luring di SD Inpres 5/81 Kadai Kecamatan Mare Kabupaten
Bone.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan
Manajemen, pedagogik serta sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan tahapan
reduksi data, penyajian data dan simpulan (verifikasi)
Hasil penelitian menunjukkan pertama, penerapan model desain pembelajaran
berbasis pencapaian kompotensi sudah terlaksana dengan baik, pembelajaran yang
dilakukan secara daring dengan menggunakan beberapa media seperti WhatsApp dan
Youtube sedangkan pembelajaran luring menggunakan media seperti Buku paket/
buku perkelas. Perencanaan pelaksaan pembelajaran (RPP) atau kurikulum darurat
agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efesien serta terjalinnya kerja
sama antara guru dan orang tua agar peserta didik bisa mencapai kompotensi yang
diharapkan. Kedua pembelajaran daring dan luring sudah pasti memiliki hambatan
dan solusi akan tetapi tetap dilaksankannya pembelajaran dengan mematuhi protokol
kesehatan agar peserta didik bisa belajar untuk mencapai kompotensi yang
diharapkan.