Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Nilai DasaDarma Pramuka
Disiplin, Berani dan Setia dalam Membentuk Karakter Siswa MIN 5 Bone
Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
bentuk Implementasi Nilai Dasadarma Pramuka Disiplin, Berani, dan Setia dalam
Membentuk Karakter Siswa di MIN 5 Bone, Tantangan Implementasi Nilai
Dasadarma Pramuka Disiplin, Berani, dan Setia dalam Membentuk Karakter Siswa
di MIN 5 Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogis, psikologis dan sosiologis dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Nilai Dasadarma Pramuka
Disiplin, Bernani, dan Setia membentuk karakter siswa MIN 5 Bone Kecamata Amali
Kabupaten Bone pertama Menggunakan dua bentuk dalam proses
pengimplementasiannya yaitu: bentuk pembinaan dalam ruangan (kelas) dan bentuk
pembinaan luar ruangan (alam terbuka). Bentuk ini telah diimpementasikan oleh
pembina pramuka baik putri maupun putra MIN 5 Bone Kecamatan Amali, akan
tetapi dalam pengimplementasianya masih ada kendala baik itu dari segi pembina,
siswa maupun keadaan.
Kedua, Tantangan implementasi nilai dasadarma pramuka disiplin, berani, dan
setia dalam membentuk karakter siswa di MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten
Bone yaitu adanya Covid 19 tidak memperbolehkan proses penerapan ini berjalan
sesuai jadwal yang telah di tetapkan, adanya keterbatasan prasarana, lingkungan
Madrasah kurang kondusif mengakibatkan siswa kurang fokus pada saat pembinaan
berlangsung dan penggunaan atau pemilihan metode kepramukaan yang sesuai
keinginan peserta didik. Dalam penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan
kontribusi di dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal