Institusion
Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)
Author
A.NURUL AZIZAH, A.NURUL AZIZAH
Subject
Skripsi
Datestamp
2021-05-19 05:46:17
Abstract :
Beras merupakan bahan pangan pokok bagi lebih dari 95 persen penduduk Indonesia.
Petani padi menyediakan lapangan pekerjaan dan sebagai sumber pendapatan bagi
jutaan rumah tangga pertanian. Pabrik Beras Putra Mandiri merupakan lembaga usaha
yang bergerak dalam bidang produksi beras. Dalam skripsi ini penulis menguraikan
rumusan masalah, yaitu bagaimana strategi pemasaran beras yang dilakukan oleh
Pabrik Beras Putra Mandiri dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan
untuk mendapatkan kejelasan tentang bagaimana Strategi Pemasaran Beras dalam
Meningkatkan Penjualan pada Pabrik Beras Putra Mandiri. Peneliti menggunakan
jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Field
research yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini menghasilkan data tentang
strategi pemasaran yang diartikan sebagai fakta atau informasi dari Pabrik Beras
Putra Mandiri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan
melakukan wawancara dan observasi langsung pada pemilik Pabrik Beras Putra
Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan proses jual beli,
Pabrik Beras Putra Mandiri menerapkan beberapa strategi pemasaran yaitu a) strategi
produk dengan menawarkan 4 macam merek beras, b) strategi penetapan harga yang
ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan, c) strategi tempat/distribusi dengan
melihat berbagai potensi pasar pada suatu wilayah dan d) strategi promosi dengan
menggunakan media online yaitu melalui Facebook dan WhatsApp, dan media offline
yaitu brosur dan pamflet.