Abstract :
Implementasi nilai-nilai Islam dalam meningkatkan omset penjualan merupakan hal
yang sangat penting karena dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam akan
berdampak pada tingkat kepuasan konsumen sehingga terjadi pembelian ulang oleh
konsumen. Adapun nilai-nilai Islam yang dimaksud adalah nilai kejujuran, keadilan,
kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihsan. Peningkatan omset dapat terjadi dilihat
dari kepuasan konsumen dalam berbelanja terutama dipelayanan dan pemasarannya
yang selalu melibatkan nilai-nilai Islam tersebut. Jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan ekonomi Islam dan pendekatan
sosiologi yang didukung dengan penggunaan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data yang terkumpul
kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif dengan langkah-langkah yakni
reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa karakteristik konsumen ada lima yaitu pertimbangan jangka
pendek, berkelompok, mudah tertarik pada merek, mengikuti trend, dan melek
teknologi. Kemudian dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam sebuah
usaha sedikit banyak akan berdampak pada tingkat kepuasan konsumen yang akan
mengakibatkan peningkatan omset penjualan. Dan yang terakhir tinjauan etika bisnis
Islam terhadap pemasaran yaitu dalam setiap indikator pemasaran harus melibatkan
etika bisnis Islam sehingga konsumen bisa merasa lebih percaya dalam melakukan
pembelian yang kemudian akan berdampak pada peningkatan omset penjualan. Jadi
kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah peran nilai-nilai Islam dalam
meningkatkan omset penjualan adalah sangat berpengaruh terhadap tingkat
pembelanjaan konsumen sehingga mampu meningkatkan omset penjualan. Setiap
usaha yang sedang dijalani hendaklah selalu menerapkan nilai-nilai Islam seperti
kejujuran, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab dan ihsan/kebajikan.