Abstract :
Penelitian ini membahas tentang penetapan target konsumen resto dengan
pendekatan ekonomi syariah dalam hal kesan kualitas dan tanggapan pelayanan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengindikasikan bahwa saat ini masyarakat lebih
memilih resto yang menerapkan syariat Islam dalam menyediakan produk dan
pelayanannya. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan
Ekonomi Syariah dan menggunakan metode Struktural Equetion Model (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesan kualitas dan tanggapan pelayanan
menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan
keduanya yang lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian ialah
tanggapan pelayanan. Hal tersebut dihasilkan dari indikator kemudahan, kebutuhan,
pelayanan, ketepatan, kepuasan, kemampuan dan bantuan. Semakin baik tanggapan
pelayanan pada resto maka semakin berpeluang konsumen untuk melakukan
pembelian kembali. Penetapan target konsumen dapat dilihat dari banyaknya
konsumen yang ada di resto AFC Watampone adalah mahasiswa dengan rentang
umur 21-30 tahun yang memberikan respon tanggapan terhadap resto dari aspek
tempat, fasilitas, ketepatan penyajian, kemudahan pembayaran serta pelayanan
karyawan yang sesuai dengan Syariah.