Abstract :
Skripsi ini membahas tentang analisis supervisi akademik melalui pendekatan
kolaboratif oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN
3 Awangpone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik melalui
pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme guru agar
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengajaran yang baik di SMPN 3
Awangpone.
Metode digunakan peneliti penelitian lapangan (field research) dengan
melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang analisis
supervisi akademik melalui pendekatan kolaboratif oleh kepala sekolah dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dalam menganalisis
data, penulis menggunakan reduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan
verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, upaya supervisi akademik dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dimulai dari tahap
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
dalam mengembangkan kemampuan mengolah proses pembelajaran untuk mencapai
pembelajaran. Kedua, pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dengan menggunakan supervisi kolaboratif
supervisor dapat mendengarkan apa yang menjadi keluhan guru dalam
mengembangkan kompetensi mengajar demi meningkatkan kualitas pembelajaran di
sekolah. Ketiga, implementasi supervisi akademik melalui pendekatan kolaboratif
oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3
Awangpone, dalam melaksanakan supervisi akademik dimulai dari menyusun
perencanaan program supervisi akademik dengan objektif, bertanggung jawab,
berkelanjutan, didasarkan pada aturan yang berlaku dan didasarkan pada kebutuhan
dan kondisi sekolah. Manfaat perencanaan program supervisi akademik adalah
sebagai pedoman pelaksanaan dan supervisi akademik serta penjaminan efektifitas
kerja pengawas dalam melaksanakan tugas supervisi pembelajaran.