Abstract :
Skripsi ini membahas tentang ?Penggunaan Instant Messanging (Whatsapp)
sebagai Promosi Barang Dagangan Online bagi Reseller (Studi Kasus Filmy Shop
Kabupaten Bone)?. Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui komunikasi
reseller Filmy Shop Kabupaten Bone dalam mempromosikan barang dagangan di
whatsapp. Kedua, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi reseller Filmy Shop
Kabupaten Bone dalam mempromosikan barang dagangan di whatsapp. Ketiga,
untuk mengetahui upaya yang dilakukan reseller Filmy Shop Kabupaten Bone dalam
menghadapi hambatan dalam mempromosikan barang dagangan di whatsapp.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research)
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh di analisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan whatsapp sebagai promosi
barang dagangan online bagi reseller Filmy Shop Kabupaten Bone, yakni: Pertama,
Komunikasi reseller Filmy Shop Kabupaten Bone dalam mempromosikan barang
dagangan di whatsapp berupa komunikasi mengenai barang yang dipromosikan atau
diperjualbelikan. Komunikasi yang terjadi antara reseller dengan pembeli merupakan
komunikasi bisnis, dengan mengikuti 7 prinsip agar komunikasi bisa berjalan secara
efektif, yaitu Completeness, Conciseness, Concretness, Consideration, Clarity,
Courtesy, Correctness. Kedua, hambatan yang dialami reseller Filmy Shop
Kabupaten Bone dalam mempromosikan barang dagangan di whatsapp yakni kuota
internet dan jaringan, jangkauan konsumen yang terbatas, dan complain dari
konsumen. Ketiga, upaya yang dilakukan oleh reseller Filmy Shop Kabupaten Bone
menghadapi hambatan dalam mempromosikan barang dagangan yaitu dengan cara
konsisten dalam melakukan promosi di whatsapp, kemudian menggunakan media
lain seperti instagram dan facebook untuk menjangkau konsumen secara luas dan
selalu menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen untuk menarik minat
konsumen.