Abstract :
Penelitian ini membahas tentang Peran Media Facebook sebagai Sarana
Promosi Bisnis dalam Meningkatkan Jiwa Enterpreneurship bagi Mahasiswa
Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Bone. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui peran media sosial facebook sebagai sarana pomosi bisnis online
dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi Mahasiswa Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone, untuk mengetahui peran media sosial
facebook dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi Mahasiswa Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone, mengidentifikasi kendala dan
menganalisis solusi dari kendala yang dihadapi Mahasiswa Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam melakukan promosi bisnis online
di media sosial facebook.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis peneliatian
kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Melakukan Pendekatan Sosiologis dan Pendekatan Komunikasi dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media sosial facebook sebagai
sarana pomosi bisnis online dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi
Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone yaitu media
sosial facebook sangat efektif dan dapat digunakan sebagai lahan berwirausaha
karena memiliki fitur-fitur yang membantu proses promosi bisnis online seperti
jangkauan pertemanan yang luas, grup dagang dan marketplace. Mahasiswa Program
Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone menerapkan jiwa-jiwa
kewirausahaan yang semestinya dimiliki oleh pengesaha pada umumnya yaitu
memliki jiwa tanggung jawab, tepat waktu dan juga mempunyai jiwa inspirasi.
Namun kendala yang dialami oleh Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan
Penyiaran Islam IAIN Bone dalam promosi bisnis online yaitu kendala internal yang
berasal dari diri sendiri seperti susah mengatur kata-kata yang dapat menarik minat
konsumen, proses dalam mempromosikan produk kurang bagus, jaringan yang tidak
stabil, mengkhawatikan produk tidak laku, cara menyikapi konsemen, bahasa yang
xi
kurang komunikatif, dan tidak bisa mendesain gambar produk dengan baik sehingga
konsumen tidak tertarik pada produk yang dipromosikan di media sosial facebook.
Adapun kendala eksternal juga dialami oleh pebisnis online yaitu kendala yang
berasal dari luar seperti respon konsumen ataupun warga net. Dari kendala tersebut
Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone yang
bergelut dibidang bisnis online mempunyai solusi agar produk yang dipromosikan
dapat laku terjual seperti memberikan promo yang menarik, memanfaatkan media
sosial lainnya dan juga menggunakan skill dalam berkomunikasi seperti meggunakan
ucapan yang sopan, mudah dimengerti dan sabar melayani konsumen. Dari solusi
tersebut bisa digunakan untuk mengatasi kendala internal ataupun kendala eksternal
yang sering dialami pebisnis online.