Abstract :
Skripsi ini membahas tentang ?Efektivitas Komunikasi Nonverbal bagi
Tunawicara dalam Pemahaman Keagamaan di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bone?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi nonverbal
antara guru dan peserta didik tunawicara dalam pemahaman keagamaan di Sekolah
Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Bone, untuk mengetahui efektivitas komunikasi
nonverbal antara guru dan peserta didik tunawicara dalam pemahaman keagamaan di
Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research)
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari
reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) proses komunikasi nonverbal antara
guru dan peserta didik tunawicara dalam pemahaman keagamaan di Sekolah Luar
Biasa Negeri (SLBN) 1 Bone yaitu dengan menggunaan komunikasi dua arah mampu
menjalin komunikasi yang baik antara guru dan peserta didik tunawicara. Untuk
mempermudah dalam pencapaian tujuan kegiatan belajar mengajar di Sekolah Luar
Biasa Negeri (SLBN) 1 Bone. Dengan komunikasi dua arah, peserta didik lebih
tenang karena guru melakukan komunikasi nonverbal dengan peserta didik secara
langsung. 2) efektivitas komunikasi nonverbal antara guru dan peserta didik
tunawicara dalam pemahaman keagamaan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1
Bone yakni adanya alat bantu atau alat peraga sehingga dalam menyampaikan
informasi, pesan dan materi kepada peserta didik tunawicara lebih efektif,
dibandingkan hanya menggunakan komunikasi nonverbal. Hal ini disebabkan karena
keterbatasan yang dimiliki peserta didik tunawicara.