Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Program Branchless
Banking BRI Link pada Konsumen (Studi pada Kecamatan Cina
Kabupaten Bone). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana manfaat yang dapat dirasakan oeh para konsumen pada
program layanan Branchless Banking BRI Link di Kecamatan Cina
Kabupaten Bone? Dan bagaimana implementasi program layanan
Branchless Banking BRI Link pada agen dan konsumen di Kecamatan
Cina Kabupaten Bone? Masalah ini dianalisis dengan pendekatan
pendekatan normatif dan empiris dan dibahas dengan metode kulitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat yang dapat dirasakan oleh para
konsumen pada program layanan Branchless Banking BRI Link di Kecamatan Cina
Kabupaten Bone yaitu 1) dapat melakukan pembayaran tagihan seperti tagihan
listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan tanpa harus
keluar rumah mendatangi kantor yang memberikan pinjaman baik barang ataupun
jasa, 2) dapat melakukan transaksi keuangan tanpa mengenal batas waktu, dan 3)
dapat melakukan transaksi keuangan kapan dan dimanapun serta prosesnya sangat
cepat karena tanpa melakukan antrian yang panjang.
Implementasi program layanan Branchless Banking BRI Link pada agen dan
konsumen di Kecamatan Cina Kabupaten Bone yaitu 1. Menawarkan Produk yang
terdiri dari a) menawarkan dasar layanan perbankan kepada pelanggan dengan biaya
minimal, b) menyediakan produk-produk yang sederhana bagi para konsumen, c)
menabung tanpa melalui bank BRI, d) melakukan pembayaran tagihan dan e)
melakukan transaksi jual beli, 2. Pelaksanaan Layanan yang terdiri dari a)
menciptakan kesempatan meningkatkan pangsa populasi dengan akses ke
pembiayaan formal secara signifikan, b) melakukan teransaksi secara online melalui
telepon genggam, c) BRI Link memiliki batas minimum baik untuk saldo maupun
transaksi setor tunai, d) transaksi tanpa ribet dan e) melakukan transaksi tanpa kartu
ATM.