Abstract :
Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Inovasi layanan PT.
Global Jet Express (J&T) Watampone dalam peningkatan minat konsumen, (2)
Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap inovasi layanan PT.Global Jet
Express.Jenis penelitian ini tergolong penelitian Lapangan (Field research) dengan
pendekatan sosiologis. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil
yang telah dikumpulkan dilapangan melalui wawancara terhadap karyawan J&T
Express Watampone dan konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul
kemudian diolah dengan menggunakan descriptif analysis. Teknik pengelolaan
dan analisis data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan
informan. Setelah wawancara, peneliti membuat hasil wawancara dengan cara
memutar kembali rekaman yang ada dan melakukan pencatatan saat wawancara. Setelah peneliti menulis hasil wawancara, selanjutnya peneliti membuat reduksi
data dengan cara abstraksi, yaitu mengambil data yang sesuai dengan konteks
penelitian dan mengabaikan data yang tidak diperlukan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Setelah adanya inovasi layanan yang diberikan, pelanggan
merasa betah dengan kepuasan yang diberikan J&T Express Watampone yang
tidak mereka jumpai pada perusahaan lain. Inovasi layanan yang J&T Express
Watampone berikan memiliki nilai-nilai keislaman. dalam pelayanannya sesuai
dengan standarisasi syariah yaitu: daya tanggap, keandalan, jaminan (assurance),
perhatian (empathy), kemampuan fisik (tangible).