Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai ?Penerapan Prinsip Manajemen Kelas
dalam Mengatasi Problematika Keragaman Belajar Siswa di SMPN 3 Awangpone
Kab. Bone?. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
tentang Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dalam Mengatasi Problematika
Keragaman Belajar Siswa.
Adapun metode yang digunakan peneliti adalah penelitian field research
(penelitian lapangan) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dalam Mengatasi Problematika Keragaman
Belajar Siswa di SMPN 3 Awangpone Kab. Bone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Prinsip Manajemen
Kelas di SMPN 3 Awangpone Kab. Bone telah terlaksana dengan baik. Hal ini
dapat dilihat dari implementasi prinsip manajemen kelas dengan menerapkan
prinsip dalam proses belajar mengajar yang meliputi hangat dan antusias,
memberikan tantangan, bersikap luwes, memberikan penekanan pada hal positif
dan menanamkan sikap disiplin. 2) Problematika keragaman belajar siswa di
SMPN 3 Awangpone Kab. Bone yaitu berasal dari dalam dan luar. Problematika
yang dihadapi siswa dalam belajar adalah kurangnya konsentrasi, motivasi,
memahami pelajaran dan kurangnya kemampuan mental. Adapun problematika
yang datang dari luar yaitu seperti lingkungan sekolah dan keluarga. Problematika
siswa di lingkungan sekolah yaitu kurangnya fasilitas atau alat pembelajaran dan
masalah keamanan sekolah yang masih terdapat siswa keluar dari area sekolah.
Problematika siswa yang terjadi di lingkungan keluarga yaitu problematika dalam
hal perhatian keluarga mereka sehingga siswa tidak berminat belajar atau
semangat belajarnya menurun. 3) Kontribusi manajemen kelas dalam mengatasi
problematika keragaman belajar siswa di SMPN 3 Awangpone Kab. Bone, guru
dan siswa saling bekerjasama dalam mengelola kelas, bukan hanya sekedar
bagaimana mengatur kelas dengan baik tetapi juga bagaimana seorang guru
mampu melakukan pendekatan, menerapkan prinsip-prinsip manajemen kelas dan
manajemen kelas dianggap memiliki andil yang besar dalam mencapai
keberhasilan guru untuk mengatasi problematika yang terjadi.