Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Manajemen Teknologi Pendidikan
Dalam Meningkatkan Potensi Peserta Didik di SMAN 30 Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Penerapan Manajemen Teknologi Pendidikan Dalam
Meningkatkan Potensi Peserta Didik di SMAN 30 Bone.
Metode digunakan penelitifield research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang di peroleh diolah
dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian
tentang Penerapan Manajemen Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Potensi
Peserta Didik di SMAN 30 Bone. dalam menganalisis data, penulis menggunakan
reduksi data, display data, conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, Penerapan manajeme teknologi
pendidikan di SMA Negeri 30 Bone yang terdiri dari pengelolaan proyek,
pengelolaan sumber, pengelolaan sistem penyampaian dan pengelolaan informasi
yang dilakukan belum terlaksana dengan baik yang disebabkan sebagian personil
guru yang belum menguasai penggunaan media pembelajaran dan ketidak stabilan
jaringan di lokasi tersebut sehingga dalam penerapan teknologi menjadi sangat
terbatas. Kedua, dalam peningktan potensi peserta didik, guru biasanya melakukan
perubahan sistem dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan potensi
peserta didik, memberika motivasi, nasehat serta peserta didik diharapkan
memperbanyak membaca untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. Ketiga,
Kontribusi Manajemen Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Potensi Peserta
Didik di SMA Negeri 30 Bone bahwa teknologi pendidikan sebagai faktor pendukung
dalam proses belajar mengajar dengan berbagai pilihan aplikasi diantaranya aplikasi
whatsapp, classroom dan zoom akan tetapi yang digunakan dalam proses
pembelajaran lebih dominan menggunakan aplikasi whatsapp karena aplikasi
whatsapp tidak terlalu banyak menggunakan kuota dan manajemen teknologi
pendidikan dianggap sebagai pemecahan masalah dalam proses pendidikan