Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Keteladanan Kepemimpinan Kepala Madrasah
dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MAN 3 Bone Kec. Lappariaja Kab.Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keteladanan kepemimpinan kepala
madrasah, kedisiplinan guru dan konstribusi kepemimpinan kepala madrasah dalam
meningkatkan kedisiplianan guru di MAN 3 Bone Kec.Lappariaja Kab.Bone.
Metode digunakan peneliti field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang di perolehdiolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
Keteladanan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan
Guru di MAN 3 Bone Kec. Lappariaja Kab.Bone. Dalam menganalisis data, penulis
menggunakan reduksi data, display data, conclusion drawing/verification (penarikan
kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, a). kehadiran kepala madrasah di
MAN 3 Bone Kec. Lappariaja, Kab. Bone telah memenuhi aturan datang tepat waktu
dan pulang tepat waktu, bahkan melebihi dari jam yang berlaku. b). sifat keteladan
kepala madrasah di MAN 3 Bone Kec. Lappariaja, Kab. Bone sangat bijaksana
dalam mengambil suatu tindakan yang dapat memecahkan masalah yang ada di
madrasah, tegas dalam membina, memiliki sifat kewibawaan yang sederhana namun
di segani oleh bawahannya. c). keteladanan kepala madrasah di MAN 3 Bone Kec.
Lappariaja, Kab.Bone sangat peduli terhadap masalah yang dihadapi tenaga pendidik
dan kependidikan dan juga kepala madrasah MAN 3 Bone sebagai pemimpin sangat
berkomitmen dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya dan bisa menjadi
suri teladan yang baik kepada bawahan dengan hal yang positif. Kedua, Kedisiplinan
Guru di MAN 3 Bone sudah terlaksana dengan baik, baik dari segi melaksanakan tata
tertib, tepat waktu dan memiliki sifat tegas. Hal ini di buktikan dengan terlaksananya
tata tertib dan mampu menaati aturan-aturan yang bisa menjadikan selayaknya
seorang pendidik dengan benar. Ketiga, keteladanan kepemimpinan kepala madrasah
dalam meningkatkan kedisilinan guru sudah terlaksana dengan baik yang bisa
memberikan contoh kepada bawahannya.Hal ini dibuktikan dengan mengupayakan
berbagai bentuk kedisiplinan waktu, mematuhi tata tertib madrasah dan meneladani
bawahan dengan bersikaf humoris