Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Manajemen Strategi dalam
Menganalisis Tantangan yang dihadapi Sekolah di SMP Negeri 2 Ponre. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui manajamen strategi, tantangan yang dihadapi dan
urgensi manajemen strategi dalam Menganalisis tantangan yang dihadapi sekolah di
SMP Negeri 2 Ponre.
Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan),
teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh diolah dengan menggunakan kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian
tentang Urgensi Manajemen Strategi dalam Menganalisis Tantangan yang Dihadapi
Sekolah di SMP Negeri 2 Ponre. dalam menganalisis data, penulis menggunakan
reduksi data, display data, dan verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, Manajemen strategi yang dihasilkan
di SMP Negeri 2 Ponre yaitu program dan kegiatan sekolah yang disusun
berdasarkan kebutuhan sekolah dalam mencapai tujuan dan sasaran serta memonitor
seluru kegiatan formulasi dan penerapan strategi yang dilaksanakan dalam
manajenem strategi, mengukur hasil kinerja dari pelaksaanaan strategi serta
mengambil langkah-langkah perbaikan. Kedua, Analisis tantangan yang dilakukan di
SMP Negeri 2 Ponre dari segi internal yaitu meminimalisir kekurangan dan
memanfaatkan kekuatan, maka kepala sekolah melakukan analisis tentang kebutuhan
sekolah yang menjadi kekurangan dan memanfaatkan kekuatan dengan membangun
kerjasama, saling bahu-membahu dan bekerja bersama untuk mencapai tujuan serta
mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki sekolah untuk mengatasi
tantangan. Dari segi eksternal yaitu memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan,
kepala sekolah meminimalisir kekurangan sehingga peluang itu dapat dimanfaatkan
serta memanfaatkan kekuatan untuk menghadapi tantangan. Ketiga, Manajemen
strategi dalam menganalisis tantangan yang dihadapi SMP Negeri 2 Ponre sangat
penting dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan strategi yang terbaik dalam
mengatasi tantangan yang ada serta mengambil langkah-langkah perbaikan yang
harus dilakukan setelah proses manajemen strategi telah terlaksana demi mencapai
tujuan dan sasaran sekolah serta perkembangan sekolah.