Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai ?Manajemen Kesiswaan dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 4 Awangpone?. Adapun tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Manajemen kesiswaan di SMP Negeri 4
Awangpone, kedisiplinan siswa di SMP Negeri 4 Awangpone serta mengetahui
kontribusi dari manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di
SMP Negeri 4 Awangpone.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara (interview) dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, display
data (penyajian data) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen kesiswaan di SMP
Negeri 4 Awangpone meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
terhadap program kesiswaan. 2) Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 4 Awangpone
cukup baik. Hal itu dapat dilihat dari perilaku siswa yang menghargai peraturan
sekolah serta mampu mengaplikasikan penghargaannya melalui perbuatan dan
tindakannya. Meskipun masih ada yang melanggar tetapi hal itu dilakukan oleh siswa
yang memang kurang kesadaran akan pentingnya kedisiplinan sehingga selalu
diberikan bimbingan dan arahan oleh pihak sekolah agar membiasakan diri dengan
sikap disiplin yang ditunjukkan melalui sikap ketaatan, kesetiaan dan ketertiban
siswa terhadap peraturan sekolah. 3) Kontribusi manajemen kesiswaan dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa dilakukan melalui kegiatan pembinaan terhadap
tata tertib sekolah dengan memberikan surat pernyataan mengenai kesiapan siswa
dalam menaati tata tertib sekolah dan apabila melanggarnya maka dikenakan sanksi
sesuai skor pelanggaran. Selain itu, melakukan pembinaan yang dibentuk dalam
sebuah kegiatan seperti: kegiatan orientasi yaitu dengan melakukan sosialisasi
mengenai peraturan dan tata tertib sekolah, melakukan apel pagi dan pulang untuk
memberikan arahan dan nasehat kepada siswa agar terus menanamkan sikap disiplin
dalam dirinya serta melakukan pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka
dengan mendatangkan pelatih pramuka dari kecamatan untuk melatih siswa termasuk
melatih dalam hal kedisiplinan. Baik disiplin waktu, disiplin dalam berpakaian
maupun disiplin dalam bersikap.