Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai ?Peran Guru Fikih Dalam Tata Cara
Masbuq pada Pelaksanaan Shalat Berjamaah Pada Siswa MA Al-Mubarak
Jampalenna Kec. Sibulue Kab. Bone?. Tujuan penelitian ini yaitu pertama untuk
mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang tata cara masbuq pada pelaksanaan
shalat berjamaah pada siswa MA Al-Mubarak Jampalenna Kec. Sibulue Kab. Bone.
Kedua untuk mengetahui strategi pembelajaran guru fikih dalam tata cara masbuq
pada pelaksanaan shalat berjamaah pada siswa MA Al-Mubarak Jampalenna Kec.
Sibulue Kab. Bone.
Dalam mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif
(qualitatif research) dengan menggunakan pendekatan teologis, pendekatan
paedagogik dan pendekatan psikologis. Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data,
display data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pemahaman siswa di MA Al-
Mubarak Jampalenna Kec. Sibulue Kab. Bone mengenai tata cara masbuq masuk
dalam kategori cukup dan masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Kedua, upaya
Strategis yang dilakukan Guru Fikih Dalam Penerapan Tata Cara Masbuq dalam
pelaksanaan shalat berjamaah pada siswa MA Al-Mubarak Jampalenna Kec. Sibulue
Kab. Bone yakni dalam proses pembelajaran dikelas, guru fikih menguasai materi
terlebih dahulu kemudian memilih media dan metode yang sesuai dengan materi yang
akan diajarkan. Selain itu, guru fikih mengadakan bimbingan praktek masbuq diluar
jam pelajaran pada sore hari guna untuk mengaplikasikan teori yang diajarkan dalam
proses pembelajaran di kelas.