Abstract :
Skripsi ini membahas tentang implementasi komunikasi persuasif d??i dalam
mengubah perilaku mad?? di Wahdah Islamiyah Kabupaten Bone. Pokok
permasalahannya adalah bagaimana implementasi komunikasi persuasif d??i dalam
mengubah perilaku mad?? di Wahdah Islamiyah Kabupaten Bone. Dan bagaimana
faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi komunikasi persuasif d??i
dalam mengubah perilaku mad?? di Wahdah Islamiyah Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif kemudian dipaparkan
secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi, psikologi
dan komunikasi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, dokumentasi
dan wawancara serta pengolahan data dengan mereduksi data, menyajikan data, serta
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi persuasif diterapkan dan
sangat penting dalam mengubah perilaku mad?? di Wahdah Islamiyah Kabupaten
Bone. Adapun komunikasi persuasif yang dilakukan yakni, melakukan pendekatan
secara pribadi (fardiyah) kepada objek dakwah, pendekatan profesi, serta dilakukan
pula pendekatan kelompok, seperti dengan tarbiyah dan ta?lim-ta?lim di Mesjid,
maupun tabligh akbar. Metode penyampaian dakwah yang dilakukan yakni dengan
lemah-lembut, selain d??i menyampaikan dakwah mereka juga turut melakukan
bersama-sama dengan mad?? sehingga dakwah yang disampaikan mudah dipahami
serta mampu mengubah sikap dan perilaku mereka. Ada beberapa faktor pendukung
dalam berdakwah yakni diantaranya, kecakapan, kapasitas, pengalaman, serta latar
belakang pendidikan seorang d??i, membuka ta'lim sampai ke kecamatan, dukungan
pemerintah daerah setempat, dengan adanya metode membaca al-Qur?an DIROSA dan,
membuka forum kerja sama dengan ormas-ormas yang ada. Adapun faktor penghambat
dalam proses berdakwah di Wahdah Islamiyah yakni diantaranya, tradisi, budaya serta
banyaknya bid?ah yang sudah melekat di masyarakat, adanya ormas yang tidak se-visi
misi, d??i yang merasa ilmunya sudah cukup, latar belakang mad?? pengaruh
lingkungan dan keluarga, serta ketersediaan dana.