Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Metode Sosiorama dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
SMP Negeri 1 Ulaweng. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yaitu penerapan
metode sosiodrama terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri
1 Ulaweng, motivasi belajar siswa sebelum diterapkan metode sosiodrama terhadap
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulaweng dan motivasi
belajar siswa setelah diterapkan metode sosiodrama pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulaweng.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan metode observasi, dokumentasi, angket dan tes yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian dan mengadakan pengamatan
langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
kuantitatif dengan menggunakan pendekatan paedagogis dan psikologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode sosiodrama dalam
meningkatkan motivasi belajara siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMP Negeri 1 Ulaweng dilakukan dengan baik oleh peneliti pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dengan diterapkannya langkah-langkah dalam metode
sosiodrama yaitu diawali tahap persiapan dan instruksi, tindakan dramatik dan diskusi
serta evaluasi bermain peran. Hasil analisis data dengan uji t pada data pre-test
dengan menerapkan metode konvensional atau sebelum penerapan metode
sosiodrama dan data post-test setelah penerapan metode sosiodrama yaitu nilai t hitung
26,64 dan t tabel 18,91, dapat dilihat bahwa nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan
t tabel 26,64>18,91. Adapun hasil uji t pada data angket motivasi belajar siswa yaitu
t hitung 22,11 dan t tabel 18,91, dapat dilihat bahwa t hitung juga lebih besar dibandingkan
t tabel 22,11>18,91. Hasil uji t pada kedua data menghasilkan t hitung lebih besar
dibandingkan t tabel , dengan taraf signifikansi 0,01 atau 1%. Jadi, dapat ditarik
simpulan bahwa hipotesis diterima dan penggunaan metode sosiodrama berpengaruh
pada peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam
kelas IX D.