Abstract :
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana rancangan
kreativitas guru dalam mengembangkan minat membaca lanjutan siswa pada masa
pandemi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone? 2) Apa
faktor penghambat dan pendukung kreativitas guru dalam mengenbangkan minat
membaca lanjutan siswa pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin
Cabalu Kabupaten Bone?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research)
yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data
yang diperlukan dan penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa
yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat. Adapun teknik yang digunakan antara
lain:,observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang
digunakan yaitu secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan guru dalam mengembangkan
minat membaca siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu, yaitu: guru
merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan tema atau mata
pelajaran yang akan di ajarkan. Setelah itu guru merancang metode di gunakan untuk
melatih atau mengembangkan minat membaca siswa. Faktor-faktor yang
menghambat kreativitas guru kelas IV dalam mengembangkan minat membaca siswa
MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kurangnya sumber bacaan yang dapat dimanfaatkan dan
media belajar yang dapat digunakan oleh guru kelas IV yang dimiliki sekolah, masih
sulitnya mengontrol atau mengatur siswa kelas IV ketika sedang belajar dikarenakan
pembelajaran di lakukan dalam jaringan atau media sosial, motivasi siswa kelas IV
yang masih rendah untuk membaca secara sungguh-sungguh. Sedangkan faktor-
faktor yang mendukung kreativitas guru kelas IV dalam mengembangkan minat
membaca siswa MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kesukaan guru membaca buku-buku
metode mengembangkan minat membaca sehingga menambah pengetahuannya
tentang kreativitas dalam mengajar, dan keaktifan guru mengikuti sharing tentang
kreativitas guru, serta membuat Grup Belajar WA dan selalu menumbuhkan serta
memotovasi siswa agar membaca menjadi kebiasan untuk menambah wawasan dan
pengetahuan.