Institusion
Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)
Author
Burhanuddin, Andi Sasmita
Subject
Skripsi
Datestamp
2022-03-11 01:13:05
Abstract :
Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana manajemen
pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) Fatimah Make Up Bone dalam meningkatkan pelayanan jasa pada
perspektif ekonomi islam. 2) Apa saja kendala yang dihadapi Fatimah Make Up
Bone dalam mengembangkan usaha yang dijalankan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh langsung dari
pemiliki usaha Fatimah Make Up Bone. Meode pengumpulan data yang digunakan
untuk mendapatkan informasi adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode
analisis data interaksi. Dalam hal ini, komponen data dilakukan bersamaan dengan
proses pengumpulan data. Adapun langkah-langkah dalam analisis data interaksi
yaitu reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi pengembangan yang
dilakukan oleh Fatimah Make Up Bone meliputi, pemilihan produk make up,
penetapan
harga,
memperluas
pasar
target,
melakukan inovasi
secara
berkala,meningkatkan sumber daya manusia, mengatur perencanaan keuangan,
memberikan pelayanan yang baik, memasarkan bisnis serta melakukan
pengamatan hasil. 2) kendala yang seringkali dihadapi dalam usaha make up artis
terdiri dari kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal terdiri dari
kesulitan membagi waktu, mencari inspirasi make up dan pengelolaan keuangan.
Sedangkan kendala eksternal terdiri dari, kesulitan dalam menemukan tenaga kerja
yang ahli tentang make up dan sebagian besar pesaing adalah make up artis yang
usahanya jauh lebih besar dengan jangkauan pasar yang lebih luas.