Abstract :
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan pebisnis untuk memberikan
informasi produknya untuk menarik minat konsumen. Instagram adalah media
sosial yang digunakan untuk menyebarkan informasi melalui foto atau gambar.
Namun dalam melakukan promosi produk harus tetap memperhatikan etika
bisnis syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas
media Instagram dalam meningkatkan volume penjualan di masa pandemi di
toko ST Bags.
Penelitian ini membahas masalah pokok yakni, 1) Bagaimana efektivitas
media Instagram dalam meningkatkan volume penjualan di masa pandemi pada
toko ST Bags, 2) Bagaimana penerapan promosi melalui media instagram
dalam perspektif etika bisnis syariah pada toko ST Bags.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
lapangan (Field Research) dengan mengumpulkan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan
bahwa 1) Media Instagram sangat efektif untuk meningkatkan volume
penjualan toko ST Bags di masa pandemi, hal ini dikarenakan media instagram
memberikan kemudahan kepada para pebisnis untuk menawarkan produknya
melalui fitur-fitur yang disediakan. 2) Promosi yang dilakukan oleh toko ST
Bags telah sesuai dan sejalan dengan etika bisnis syariah. Toko ST Bags telah
menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis syariah dalam mempromosikan
produknya yaitu prinsip keadilan, prinsip tanggung jawab, dan prinsip
kebenaran.