Abstract :
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana fungsi
manajemen pendidikan di SMA Negeri 26 Bone Kec. Cenrana. 2) Bagaimana
optimalisasi fungsi manajemen pendidikan di SMA Negeri 26 Bone Kec. Cenrana. 3)
Bagaimana peningkatan kompetensi lulusan di SMA Negeri 26 Bone Kec. Cenrana.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.
Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepalan sekolah, guru, dan
peserta didik.
Instrumen penelitian menggunakan
observasi, wawancara
dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh setelah peneliti melakukan analisis data yaitu
SMA Negeri 26 Bone Kec. Cenrana telah melaksanakan dengan baik keempat fungsi
manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan
yang dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan tenaga pendidik.
Dalam optimalisasi fungsi manajemen pendidikan di SMA Negeri 26 Bone Kec.
Cenrana keempat fungsi manajemen
yaitu perencanaan, pengorganisasian,
penggerakkan dan pengawasan sudah terlaksana dengan baik dalam memberikan
kontribusi untuk meningkatkan kompetensi lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. Dalam peningkatan kompetensi lulusan di SMA
Negeri 26 Bone Kec. Cenrana memiliki kompetensi lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan tenaga pendidik membentuk peserta didik yang
beriman, berakhlak mulia, memberikan motivasi, meningkatkan tanggung jawab
belajar peserta didik, mengembangkan ilmu pengetahuan dalam pembelajaran,
mengarahkan
peserta
didik
utuk menguasai
ilmu
teknologi, berwawasan
kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan
dan
peradabaan,
mengembangkan
keterampilan serta kreatifitas dalam ranah abstrak dan konkret.