Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah
PT Bank Rakyat Indonesia Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge
Kabupaten Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif.
Lokasi penelitian dilakukan di PT Bank Rakyat Indonesia Unit Lamuru yang terletak di Desa
Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah
nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge
Kabupaten Bone. Jumlah sampel yang dijadikan responden penelitian yaitu sebanyak 44
responden. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui penyebaran
kuesioner (angket) kepada responden, yang selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis
dengan menggunakan bantuan program software SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa pelayanan prima
memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah pada BRI Unit Lamuru
Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattingnge Kabupaten Bone. Berdasarkan uji koefisien
determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,926 yang berarti besarnya pengaruh pelayanan
prima
terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Lamuru Desa Lamurukung Kecamatan
Tellusiattingnge Kabupaten Bone adalah sebesar 92,6%, sedangkan sisanya sebesar 7,4%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.