Abstract :
Penelitian ini membahas tentang manajemen pengembangan kurikulum dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware
Kecematan Cenrana Kabupaten Bone. tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui
perkembangan kurikulum serta peran kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar
Siswa di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten
Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen pendidikan Islam serta pendekatan paedagogik. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama Perkembangan manajemen
kurikulum di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana
Kabupaten Bone berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilhat dari dengan
pemberdayaan guru secara optimal, dan yang paling penting adalah komitmen dari
guru-guru itu sendiri dalam melaksanakan tugas mendidik dan membimbing siswa.
Selain itu penerapan dan pelaksanaan kurikulum di sekolah ini tidak pernah terlepas
dari pengawasan kepala sekolah, kepala sekolah selalu memantau keadaan kelas
ketika pembelajaran sedang berlangsung khususnya pembelajaran muatan lokal.
Kedua Peran manajemen kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD
Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten Bone yakni
meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran,
menyusun kurikulum sejalan dengan perkembangan zaman, kurikulum pun juga ikut
berkembang untuk memenuhi tuntutan pendidikan, mempengaruhi dan membina
perilaku siswa sesuai dengan
nilai-nilai sosial yang hidup di lingkungan
masyarakatnya, mengembangkan kebiasaan belajar siswa, memusatkan perhatian
siswa terhadap bahan yang dipelajarinya serta memberikan motivasi siswa dalam
mengikuti pembelajaran.