Abstract :
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana rancangan
pembelajaran desain PMRI menggunakan media pohon pintar pada materi
penjumlahan bilangan pada kelas I MI AL-Amin Cabalu Kecamatan Tanete Riattang
Barat Kabupaten Bone? 2)Bagaimana
Learning
Trajectory(lintasan belajar)
penggunaan media pohon pintar dalam membantu siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-
Amin Cabalu dalam memahami konsep penjumlahan?
Penelitian ini adalah penelitian design research yang terdiri dari tiga tahap
yaitu preliminary design, teaching experiment dan retrospective analysis.penelitian
yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan
dan penelitian yang objeknya mengenai proses pembelajaran suatu kelompok
masyarakat. Adapun teknik yang digunakan antara lain:observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang
menggunakan desain pembelajaran PMRI dengan menggunakan media pohon pintar.
Dimana pembelajaran yang dirancang dengan Learning Trajectory (lintasan belajar)
yang terdiri dari tiga aktivitas yaitu Aktivitas 1. Mengorganisasikan benda/objek
dengan menggunakan bilangan familiar,Aktivitas 2. Mengenal konsep menyimpan
dalam proses penjumlahan dua bilangan, dan Aktivitas 3. Melakukan operasi
penjumlahan melalui permainan kartu pohon pintar.
Berdasarkan Learning
Trajectory
(lintasan
belajar)
pada
aktivitas
yang
dikembangkan
mampu
menumbuhkan
rasa semangat siswa dalam belajar terkhusus pembelajaran
matematika serta mampu membantu siswa MI Al-Amin Cabalu dalam memahami
konsep penjumlahan.