Abstract :
Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan dan
kepercayaan terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan
Lappariaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan atau
kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell
kecamatan Lappariaja atau bahkan kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh
secara simultan terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan
Lappariaja.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
kuantitatif, karena teknik pengumpulan datanya diperoleh dari kuesioner (angket) dan
sumber data primer. Data primer diperoleh dari responden sebanyak 40 nasabah agen
BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh
variabel terhadap variabel lainnya dengan bantuan SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegujian hipotesis pada uji parsial T
menyatakan kualitas pelayanan dan kepercayaan masing-masing memiliki nilai Sig
yang lebih kecil dari nilai probabilitas yang berarti kualitas pelayanan dan
kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Namun dengan uji
hipotesis simultan atau uji F menunjukkan hasil bahwa nilai signifikan lebih kecil
dari nilai probabilitas artinya bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan
antara variabel independen kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap variabel
dependen yaitu kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan
Lappariaja.