Abstract :
Skripsi ini membahas tentang strategi untuk mempertahankan eksistensi usaha
ditengah pandemik covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi
usaha kuliner dan untuk mengetahui penerapan strategi dalam mempertahankan
eksistensi usaha selama masa pademik Covid-19.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yaitu
suatu proses penelitian yang dilakukan secara wajar, sengaja dan natural sesuai
dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Field Research, yaitu
suatu pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan atau lokasi penelitian
untuk mencatat hal-hal yang diperlukan dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Eksistensi yang dimiliki oleh ketiga
warung makan ini yaitu tidak terlepas dari karakteristik usaha yang dimiliki.
Karakteristik merupakan hal mendasar untuk pengembangan bisnis tak terkecuali
pada usaha mikro dan kecil agar memiliki peluang besar dimata konsumen. Usaha
usaha ini lebih menekankan kepada menu makanan yang disediakan dimana
ketiganya memilih untuk mengaplikasikan desain produk dengan kualitas yang baik
dengan tarif yang bersahabat. 2) Strategi yang digunakan dalam mempertahankan
eksistensi usaha ditengah pandemik covid-19 yaitu yaitu Memiliki kepercayaan diri
dan kemandirian yang tinggi, Berbisnis yang halal, Menjaga kepercayaan relasi
bisnis, Menggunakan teknologi informasi dalam berbisnis serta Bekerja sama dengan
grabfood/gofood atau yang sejenisnya.