Abstract :
Skripsi ini membahas tentang pesan dakwah di instagram @video. islam
terhadap pemahaman keagamaan mahasiswa KPI IAIN Bone. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa KPI IAIN Bone, tentang pesan
dakwah yang terdapat pada akun @video.islam di instagram dan bagaimana hasil
analisis konten dakwah dalam akun instagram @video.islam.
Pada penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan normatif, pendekatan studi komunikasi dan pendekatan
dakwah, metode yang digunakan dengan jalan melakukan penelitian terhadap objek
yang diteliti dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam
penelitian ini adalah mahasiswa KPI di kampus 2 IAIN Bone dengan maksud dan
tujuan menemukan fakta yang kemudian menuju pada idientifikasi dan pada akhirnya
menuju penyelesaian masalah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, persepsi mahasiswa KPI IAIN Bone,
tentang pesan dakwah yang terdapat pada akun @video.islam di instagram beragam
akan tetapi kebanyakan mengatakan bahwa pesan dakwah yang terdapat pada akun
@video.islam sangat bagus dan bisa menjadi renungan bagi seseorang yang
melihatnya ataupun menyadarkan seseorang dari hal-hal buruk menjadi baik. Dari
analisis konten dakwah remaja yang diposting dalam akun Instagram @video.islam
kebanyakan berkaitan dengan motivasi dan rasional. Dalam hal ini dai ingin
memberikan pemahaman kepada segmen dakwahnya yaitu remaja dengan
menggunakan diksi yang mudah dipahami sesuai dengan logika anak remaja sekarang
supaya mereka lebih paham tentang Islam. Terlihat dalam setiap dakwahnya
membahas seputar permasalahan remaja mulai dari permasalahan remaja seperti lupa
Allah ketika bahagia, susah memaafkan orang lain, kesepian, dan lain sebagainya.