Institusion
Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)
Author
Syam, Verlya Ananda Putri
Subject
Skripsi
Datestamp
2022-04-06 05:06:28
Abstract :
Skripsi Ini membahas mengenai Pola Perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa ditinjau
dari Tingkat Religiusitas. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui 1) Pola
Perilaku Konsumsi Mahasiswa berdasarkan prinsip-prinsip konsumsi Islami yang
dikemukakan oleh Mannan, 2) Implementasi Dimensi-Dimensi Religiusitas dalam
perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone
Angkatan 2017. Penelitian Ini Termasuk Jenis Penelitian Lapangan (Field Research)
dengan pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan Penelitian Kualitatif
(Qualitative Research), dimana data yang digunakan peneliti berupa data wawancara
dan dokumentasi dengan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam Angkatan
2017 di kampus IAIN Bone. Pada jenis penelitian ini menghasilkan data deskriptif
berupa kata-kata baik secara tertulis maupun lisan dari perilaku orang yang diamati,
dalam hal ini yaitu mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Bone
angkatan 2017.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) erilaku konsumsi Islami
mahasiswa dapat dikatakan bersifat rasional dengan memperhatikan prioritas
konsumsi utamanya untuk kebutuhan, memperhatikan manfaat, akan tetapi untuk
akhiratnya masih terbilang sedikit atau kurang. Adapun perilaku konsumsi mahasiswa
dinilai dari tata cara menjalankan aktivitas konsumsi yang bersumber dari prinsip-
prinsip konsumsi dalam Islam yaitu prinsip keadilan, prinsip kehalalan dan
kebersihan, prinsip kesederhanaan, prinsip kemurahan hati, prinsip moralitas. 2)
Implementasi Dimensi-Dimensi Religiusitas dalam perilaku Konsumsi Islami
mahasiswa dinilai dari lima dimensi yaitu, dimensi keyakinan, dimensi praktik
agama,
dimensi
pengalaman,
dimensi
pengetahuan
agama,
dan
dimensi
pengamalan/Konsekuensi. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat
religiusitas mahasiswa terbilang baik dengan mengamalkan pengetahuan agama yang
mereka anut dalam melakukan kegiatan konsumsinya.