Abstract :
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh faktor gaya hidup dan faktor
produk terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di BMT As-
Adiyah Sengkang. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Apakah faktor gaya hidup
berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di
BMT As-Adiyah Sengkang? Dan 2) Apakah faktor produk berpengaruh signifikan
terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah
Sengkang?
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan dengan
menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan sebuah
penyelidikan tentang masalah sosial berdasarkan pada pengujian sebuah teori yang
terdiri dari variabel-variabel, diukur dengan angka dan analisis dengan prosedur
untuk menentukan apakah generalisasi prediktif teori tersebut benar Data yang
dikumpulkan
menggunakan
teknik
observasi,
penyebaran
kuesioner
dan
dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik untuk
mereduksi dan mengelompokan data,
dalam
menentukan hubungan serta
mengidentifikasikan perbedaan antar kelompok data. Populasi dalam penelitian ini
nasabah BMT As-Adiyah Sengkang yang menggunakan produk tabungan haji
sebanyak 98 orang. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebar hanya 41 orang yang
dapat mengisi kuesioner dari 98 nasabah yang menggunakan produk tabungan haji.
maka ditentukanlah sampel sebanyak 41 orang.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, faktor gaya hidup
berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di
BMT As-Adiyah Sengkang. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji t (Parsial) dimana thitung
> ttabel yaitu 3,261 > 1,685. Hubungan ini menunjukkan bahwa semakin baik Faktor
gaya hidup yang ada, maka minat nasabah untuk menggunakan tabungan haji di BMT
As-Adiyah Sengkang juga akan mengalami kenaikan. Kedua, faktor produk
berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk
tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji t
(Parsial) dimana thitung > ttabel yaitu 2,303 > 1,685. Hubungan ini menunjukkan bahwa
semakin mendukung faktor produk
yang ada, maka minat nasabah untuk
menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang juga akan mengalami
kenaikan.