DETAIL DOCUMENT
ANALISIS FAKTOR GAYA HIDUP DAN FAKTOR PRODUK YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN TABUNGAN HAJI DI BMT AS-ADIYAH SENGKANG
Total View This Week0
Institusion
Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)
Author
Wahyuni, .
Subject
Skripsi 
Datestamp
2022-04-06 05:09:01 
Abstract :
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh faktor gaya hidup dan faktor produk terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di BMT As- Adiyah Sengkang. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Apakah faktor gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang? Dan 2) Apakah faktor produk berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang? Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan sebuah penyelidikan tentang masalah sosial berdasarkan pada pengujian sebuah teori yang terdiri dari variabel-variabel, diukur dengan angka dan analisis dengan prosedur untuk menentukan apakah generalisasi prediktif teori tersebut benar Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik untuk mereduksi dan mengelompokan data, dalam menentukan hubungan serta mengidentifikasikan perbedaan antar kelompok data. Populasi dalam penelitian ini nasabah BMT As-Adiyah Sengkang yang menggunakan produk tabungan haji sebanyak 98 orang. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebar hanya 41 orang yang dapat mengisi kuesioner dari 98 nasabah yang menggunakan produk tabungan haji. maka ditentukanlah sampel sebanyak 41 orang. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, faktor gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji t (Parsial) dimana thitung > ttabel yaitu 3,261 > 1,685. Hubungan ini menunjukkan bahwa semakin baik Faktor gaya hidup yang ada, maka minat nasabah untuk menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang juga akan mengalami kenaikan. Kedua, faktor produk berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji t (Parsial) dimana thitung > ttabel yaitu 2,303 > 1,685. Hubungan ini menunjukkan bahwa semakin mendukung faktor produk yang ada, maka minat nasabah untuk menggunakan tabungan haji di BMT As-Adiyah Sengkang juga akan mengalami kenaikan. 
Institution Info

Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)