Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk kreativitas guru
SKI dalam pembinaan nilai keteladanan Rasulullah Saw. dan untuk mengetahui
faktor apa saja yang mempengaruhi Kreativitas guru SKI dalam pembinaan nilai
keteladanan Rasulullah saw. pada siswa MTs Mallari Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone. Penulis menggunakan metode penelitian
analisis deskriptif
qualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogis, teologis
normatif dan sosiologi.
Hasil penelitian penulis terkait kreativitas guru SKI dalam pembinaan nilai
keteladanan Rasulullah Saw. pada siswa MTs Mallari Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone, yakni: 1) Bentuk kreativitas guru SKI, yaitu bersumber dari
penghasilan sebuah ide, pemecahan suatu masalah dan pengaruh seseorang berfikir
untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi. Bentuk kreativitas terlihat dari
cara mengajar guru yang menggunakan metode dan tehnik yang berbeda dalam
penyampaian materi. Proses pembinaan nilai keteladanan Rasulullah yang dilakukan
yaitu dengan menceritakan kisah-kisah keteladan atau biasa disebut dengan metode
kisah. Selain itu guru juga menggunakan metode proyeksi yaitu metode dengan
menghubungkan materi pelajaran yang terkait. Pada akhir pembelajaran guru
menggunakan metode latihan dan penugasan, hal ini dilakukan untuk mengetahui
hasil dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. 2) Faktor- faktor yang
mempengaruhi Kreativitas guru SKI dalam pembinaan nilai keteladanan Rasulullah,
yaitu berupa faktor kepribadian dan faktor pendukung dari luar memberikan banyak
konstribusi dan pengaruh terhadap pengembangan kreativitas seorang guru. Pengaruh
dari faktor-faktor tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran yang telah
berlangsung membuat siswa mudah memahami materi, merasa senang dan tertarik
untuk mempelajari mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terutama tentang
keteladanan Rasulullah saw. Namun tentunya faktor yang mempengaruhi kreativitas
tersebut memiliki hambatan dalam pelaksanaannya, sebagai manusia biasa yang tidak
luput dari kekhilafan, hambatan yang dialami oleh seorang guru untuk memunculkan
kreativitasnya seperti, malas berfikir, tidak disiplin, cepat puas, mudah bosan dan
tidak percaya diri.
Dari pembinaan nilai keteladanan Rasulullah saw. pada siswa MTs Mallari
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, terbukti bahwa guru SKI memiliki
Kreativitas tersendiri dalam proses pembelajarannya.