Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai analisis penetapan keputusan nasabah
menabung di lembaga keuangan mikro syariah dengan Regresi SEM (Studi Pada
Nasabah BMT As-Adiyah Sengkang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh faktor produk, harga, motivasi dan keyakinan terhadap
penetapan keputusan nasabah menabung pada lembaga keuangan microfinance di
BMT As-Adiyah Sengkang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah field
research yaitu suatu jenis penelitian yang digunakan untuk memperoleh data
dilapangan penyajian penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif
dengan model Regresi SEM. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka
peneliti tertarik untuk menarik beberapa kesimpulan yaitu 1) Produk secara parsial
memiliki pengaruh yangsignifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Lembaga
Keuangan Microfinace. Hal ini dapat di lihat pada nilai C.R sebesar 3,112 lebih besar
dari 1,65 dan nilai p-value sebesar 0,002 > 0,1 maka H0 ditolak, H1 diterima. 2) Harga
secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah
menabung di Lembaga Keuangan Microfinace. Hal ini dapat di lihat pada nilai C.R
sebesar 2,184 lebih besar dari 1,65 dan nilai p-value sebesar 0,029 > 0,1 maka H0
ditolak, H2 diterima. 3) Motivasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan nasabah menabung di Lembaga Keuangan Microfinace. Hal ini
dapat di lihat pada nilai C.R sebesar 2,175 lebih besar dari 1,65 dan nilai p-value
sebesar 0,030 > 0,1 maka H0 ditolak, H3 diterima. 4) Keyakinan secara parsial
memiliki pengaruh yangsignifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Lembaga
Keuangan Microfinace. Hal ini dapat di lihat pada nilai C.R sebesar 1,961 lebih besar
dari 1,65 dan nilai p-value sebesar 0,050 > 0,1 maka H0 ditolak, H4 diterima.