Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman diferensiasi
produk terhadap daya tarik nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan
pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Bank Syariah Mandiri Cabang
Bone. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang
diperoleh langsung dari nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Metode
pengumpulan data melalui kuesioner yaitu penyebaran angket kepada responden,
yang selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan program
SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa
pemahaman diferensiasi produk memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap
daya tarik nasabah untuk menggunakan produk yang ditawarkan Bank Syariah
Mandiri Cabang Bone. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai
sebesar 0,418 yang berarti besarnya pengaruh pemahaman diferensiasi produk
terhadap daya tarik nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Bone adalah sebesar
41,8%, sedangkan sisanya sebesar 0,582 atau 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.