Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Fungsi Kepala
Sekolah dan Fungsi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD
Negeri 233 Mattampa Walie Kec. Mare Kab. Bone.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif subyek
dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah,dan Guru.
Instrumen penelitian menggunakan Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan
kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Fungsi Kepala Sekolah
Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 233 Mattampa Walie Kecamatan
Mare Kabupaten Bone sudah terlaksana dengan baik telihat oleh Kepala Sekolah,
Wakil Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik dengan Melaksanakan fungsi kepala
sekolah yaitu:1) Fungsi manajerial, perencanaan, pengawasan. Fungsi Kepala
Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 233 Mattampa Walie
Kecamatan Mare Kabupaten Bone sudah terlaksana dengan baik. Adapun yang
mencakup didalamnya yaitu:2) Input Pendidikan, Proses dalam Pendidikan dan
Output Pendidikan. Input pendidikan adalah segala sesuatu yang harus tersedia
karena dibutuhkan untuk berlangsungnya proses. Proses pendidikan adalah
berubahnya sesuatu menjadi sesuatu yang lain, sesuatu yang berpengaruh bagi
berlangsungnya proses disebut input dan sesuatu dari hasil proses disebut output.
Proses yang dimaksud adalah proses yang memiliki tingkat kepentingan tinggi
dibanding proses lainnya. Output pendidikan adalah kinerja sekolah yaitu prestasi
sekolah yang dihasilkan dari proses sekolah tersebut.