Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah
dalam Membangun Karakter Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0 di
Madrasah Aliyah Baytul Mukarromah Bone. Adapun rumusan masalah a).
Bagaimana gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah
Baytul Mukarromah Kabupaten Bone? b). Bagaimana karakter peserta didik di era
revolusi industri 4.0 di Madrasah Aliyah Baytul Mukarromah Kabupaten Bone? c).
Bagaimana kontribusi gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah dalam
membangun karakter peserta didik di era revolusi indutri 4.0 di Madrasah Aliyah
Baytul Mukarromah Kabupaten Bone? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah dalam membangun karakter
peserta didik di era revolusi industri 4.0 di MA Baytul Mukarramah Bone.
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah research (penelitian
lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan
penelitian tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun
Karakter Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0 di MA Baytul Mukarromah.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, display data,
conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa gaya kepemimpinan
Kepala Madrasah dalam membangun karakter peserta didik di era revolusi
industeri 4.0 di MA Baytul Mukarromah yaitu. 1) gaya kepemimpinan
demopkratis di MA Baytul Mukarromah selalu memberikan kesempatan
kepada bawahan untuk memberikan masukan dan pedapatnya serta
pengambilan keputusan selalu malalui musyawarah dan mufakat.
Pemimpin yang berhasil dalam memimpin adalah pemimpin yang dapat
memberikan pengarahan, memberikan motivasi, memberi pemantauan
kerja kepada rekan kerja atau bawahannya untuk meningkatkan
kinerjanya. Maka gaya kepemimpinan di MA Baytul Mukarromah Bone
dapat dikatakan sudah baik. 2) Karakter peserta didik di MA Baytul
Mukarromah dapat dilihat dari nilai religus peserta didik dalam mengucapkan salam
saat bertemu, kedisiplinan peserta didik dalam menaati aturan, kejujuran peserta didik
dalam berbicara, dan peserta didik bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan. 3)
Kontribusi gaya kepemimpinan Kepala Madrasah dalam membangun karakter
peserta didik di Madrasah Aliyah Baytul Mukarromah dikatakan bahwa kepala
madrasah sudah berkontribusi penuh dengan memberikan dukungan, arahan, motivasi
dan contoh yang baik kepada peserta didik.