Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana penerapan metode
reward di kelas Tahfidzul Qur?an MTs Negeri 1 Bone, untuk mengatahui motivasi
siswa dalam menghapalkan al-Qur?an di MTs Negeri 1 Bone dan faktor pendukung
dan penghambat dalam menghafal al-Qur?an. Penulis melakukan pendekatan
paedagogik, pendekatan Ethnography dan pendekatan psikologis, serta melakukan
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif qualitatiif dengan tiga tahap yaitu reduksi, penyajiann data (display
data) dan tahap kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dari penelitian terkait urgensi penerapan metode reward
terhadap motivasi siswa untuk menghapalkan al-Qur?an di kelas tahfidzul Qur?an MTs
Negeri 1 Bone, yakni: 1) penerapan metode reward di kelas tahfidzhul Qur?an yaitu
berupa reward berupa pujian, nasehat-nasehat yang membangun, serta piagam
penghargaan bagi siswa yang mampu mencapai target menghapalkan al-Qur?an dalam
jangka waktu 1 Juz 2 bulan dan juga pemberian hadiah bagi siswa yang jumlah
hafalannya lebih banyak dari teman-temannya. 2) motivasi siswa dalam menghapal al-
Qur?an dengan pemberian reward (penghargaan) sudah sangat baik karena terbukti
dengan jumlah hafalan yang meningkat, 3) Faktor pendukung dalam menghafal al-
Qur?an yang sangat penting adalah kemampuan membaca al-Qur?an, manajament
waktu, sifat sabar, tempat menghafal dan motivasi orang terdekat seperti guru
pembimbing. Dan adapun faktor yang penghambat dalam menghafal al-Qur?an adalah
beralih bidang lain, belum istiqamah, malas melakukan muroja?ah dan kurang
mendapat motivasi dari orang terdekat utamanya orangtua sehingga menjadikan
semangat siswa berkurang untuk menghafal al-Qur?an.
Dari penerapan metode reward dalam menghapalkan al-Qur?an di kelas
Tahfidz MTs Negeri 1 Bone, terbukti bahwa dapat meningkatkan motivasi siswa
dalam menghapalkan al-Qur?an dengan kemampuan mengahapal siswanya kurang
lebih 2-8 juz selama 2 tahun.