Abstract :
Penelitian ini membahas tentang prospek jasa paket pos guna meningkatkan
pendistribusian dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
sistem pelayanan dan bagaimana prospek jasa paket pos guna meningkatkan
pendistribusian paket pada kantor pos cabang watampone Bone.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan (filend research) dengan pendekatan kualitatif dengan tata
cara menggunakan pendekatan sosiologi, normatif dan ekonomis. Adapun teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik
analisis deskriptif yaitu diawali dengan peneliti melakukan penjelajahan, kemudian
dilakukan pengumpulan data sampai mendalam mulai dari observasi hingga
penyusunan laporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terkait dengan sistem pelayanan
pada kantor pos cabang Watampone dalam upaya meningkatkan pelayanan
diterapkan melalui berbagai strategi, adapun strategi yang diterapkan yaitu strategi
pelayanan dan pengukuran kualitas pelayanan.
Strategi pelayanan
dengan
menggunakan O-Ranger Sementara pengukuran kualitas pelayanan adalah dengan
melihat laporan CCH atau customer complen hendling yang masuk.
Kantor pos memiliki 5 jenis layanan paket jasa yaitu paket pos biasa, paket
pos kilat, paket pos express, paket pos kilat khusus, dan paket pos jumbo barang.
dari 5 jenis paket layanan tersebut kantor pos menggunakan 2 teknik prospek yaitu
kontak langsung dengan mitra kerja dan melakukan sosialisasi langsung dengan
pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan pendistribusian paket pada kantor pos
cabang watampone.