Abstract :
Skripsi ini membahas tentang implementasi strategi CTL (Contextual
Teaching And Learning) dalam proses pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7
Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi
CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam pembelajaran siswa kelas V MIN 7
Bone; 2) Untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran tematik siswa kelas V
MIN 7 Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan
wawancara langsung dengan pihak terkait. Selanjutnya dianalisis dengan cara 1)
Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan strategi CTL
(Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran siswa kelas V MIN 7 Bone
dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari langkah yang dilakukan guru
yakni mengembangkan meode belajar mandiri, melaksanakan penemuan baru dalam
pembelajaran, menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, menciptakan masyarakat belajar,
menghadirkan model dalam pembelajaran serta melakukan refleki terhadap mata
pelajaran; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7 Bone berjalan
dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh
guru yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan
tujuan pembelajaran (kompetensi dasar dan indikator), guru memotivasi peserta didik
dengan menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi
peserta didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran sekarang
dengan pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk
mengetahui konsep-konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa.