Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Bagaimana eksistensi
komite sekolah sebagai badan pengontrol di UPT SMPN 1 Bontocani, mutu
pendidikan di UPT SMPN 1 Bontocani, dan konstribusi komite sekolah sebagai
badan pengontrol dalam meningkatkan mutu pendidikan di UPT SMPN 1 Bontocani
Penelitian
ini
adalah
penelitian
kualitatif
yang
ditujukan
untuk
mendeskripsikan dan menganalisis fenomena peristiwa aktivitas sosial, kepercayaan,
persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok, adapun pendekatan
yang digunakan adalah melakukan pendekatan teologis normatif dan pendekatan
manajemen
atau
pendekatan
manajerial
,menggunakan
teknik
wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam skripsi
ini yakni kepala sekolah, komite,wakil kepala sekolah, guru dan pegawai TU dan
adapun teknik pengelola data yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan
tahap kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; eksistensi komite
sekolah sebagai badan pengontrol di UPT SMPN 1 Bontocani telah melaksanakan
tugasnya dengan baik. Dengan melibatkan komite sekolah dalam hal perencanaan
pendidikan, perencanaan kegiatan, hadir dalam rapat dan melakukan koordinasi
dengan orang tua, pemerintah setempat, dan masyarakat pada umumnya. Selain itu,
komite sebagai pengontrol juga mampu mengawasi dan mengontrol data sekolah baik
itu lulusan sekolah, yang lanjut ke jenjang sekolah menengah atas atau yang berhenti
di sekolah menengah pertama dan mengetahui apa kendala dari semua siswa yang
tidak melanjutkan pendidikan. Kedua; mutu pendidikan di UPT SMP Negeri 1
Bontocani mulai dari standar kompotensi lulusan, standar isi, standar proses standar
penilaian, standar pendidik dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasana,
standar pengelolaan dan standar pembiayaan dari beberapa hasil standar mutu
pendidikan sudah baik, akan tetap dari segi standar sarana dan prasaran masih belum
memadai atau belum lengkap namun, sudah ada beberapa proese perbaikan.dan
pembangunan. Ketiga; kontribusi komite sekolah sebagai badan pengontrol dalam
meningkatkan mutu pendidikan di UPT SMPN 1 Bontocani sudah baik yakni berupa
materil dan moril. Dalam segi moril komite sekolah melakukan pemantauan dan
masukan atau motivasi terhadap tenaga pendidik dan kependidikan, kondisi sarana
dan prasarana di sekolah memantau kondisi anggaran pendidikan sekolah, dan
mengevaluasi pelakasanaan dukungan anggaran dan program sekolah. Selain itu,
komite sekolah memberikan kontribusi materil berupa dukungan dana untuk kegiatan
siswa. dan komuite sekolah sudah melakukan hubungan komunikasi oleh guru,
kepala sekolah tenaga kependidikan dan masyarakat untuk membentuk sekolah yang
bermutu.