DETAIL DOCUMENT
Penerapan Hukuman Sebagai Alat Pendidikan dalam Menanamkan Kedisiplinan pada Peserta Didik di MIN 4 Sailong Kec. Dua Boccoe Kab. Bone
Total View This Week21
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
372 Pendidikan Dasar 
Datestamp
2017-05-10 01:40:09 
Abstract :
Pokok masalah penelitian ini adalah penerapan hukuman sebagai alat pendidikan dalam menanamkan kedisiplinan pada peserta didik di MIN 4 Sailong Kec. Dua Boccoe Kab. Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui tingkat kedisiplinan peserta didik di MIN 4 Sailong Kec. Dua Boccoe Kab. Bone. 2) mengetahui penerapan hukuman sebagai alat pendidikan dalam menanamkan kedisiplinan pada peserta didik di MIN 4 Sailong Kec. Dua Boccoe Kab. Bone. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kualitatif, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Berdasarkan analisis ditentukan bahwa tingkat kedisiplinan peserta didik di MIN 4 Sailong Kec. Dua Boccoe Kab. Bone masih sangat kurang, masih banyak peserta didik yang sering melanggar peraturan yang telah ditetapkan sekolah. Pelanggaran yang sering dilakukan peserta didik yaitu datang terlambat ke sekolah, tidak mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru, tidak mengikuti upacara bendera, tidak mengikuti sholat berjamaah, mengganggu teman saat belajar dan perkelahian. Menanamkan kedisiplinan pada peserta didik merupakan tugas seorang guru, untuk itu guru harus menanamkan kedisiplian dimulai dari dalam diri dan selalu mengajarkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Guru harus paham bahwa penerepan hukuman hanya dapat dilakukan apabila dapat menimbulkan kesadaran moril. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin