DETAIL DOCUMENT
Pengaruh intensitas penilaian formatif dan bentuk penilaian formatif terhadap hasil belajar IPA Setelah mengontrol pengetahuan awal siswa
Total View This Week32
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-04-05 03:55:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penilaian formatif dan bentuk penilaian formatif, terhadap hasil belajar IPA. Penelitian eksperimen disain factorial 2x2, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD 03, dan 05 pagi Jakarta Timur, sampel 80 orang siswa, pengujian statistik inferensial dengan ANKOVA, kesimpulan hasil penelitian setelah mengontrol pengetahuan awal IPA siswa, adalah: (1). hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap tatap muka lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap standara kompetensi (2). hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi penilaian formatif bentuk tes esai lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi penilaian formatif bentuk tes pilihan, (3). terdapat pengaruh interaksi yang signifikan intensitas penilaian formatif dengan bentuk penilaian formatif terhadap hasil belajar IPA siswa, (4). khusus pada kelompok siswa yang diberi penilaian formatif bentuk tes esai, hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap tatap muka lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap standar kompetensi, (5). khusus pada kelompok siswa yang diberi penilaian formatif bentuk tes pilihan ganda, hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap tatap muka lebih rendah dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap standar kompetensi, (6). khusus pada siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap tatap muka, hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi penilaian formatif bentuk tes esai lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi penilaian formatif bentuk tes pilihan ganda, dan (7) khusus pada siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap standar kompetensi, hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi penilaian formatif bentuk tes esai lebih rendah secara dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi penilaian formatif bentuk tes pilihan ganda. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin