Abstract :
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran Problem
Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari tingkat
kecerdasan logis matematis pada kelas VII MTs. As’adiyah No. 8 Kampiri Kab. Wajo
bertujuan untuk : (1) mengungkap mengungkap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah
penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VIII MTs. As’Adiyah No. 8 Kampiri Kab. Wajo, (2) menguji pengaruh
yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. As’adiyah No. 8
Kampiri yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)
dengan model pembelajaran langsung, (3) mengungkap perbedaan hasil belajar siswa pada
kategori kecerdasan logis matematis tinggi yang belajar dengan model pembelajaran Problem
Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung, (4) mengungkap perbedaan
hasil belajar siswa pada kategori kecerdasan logis matematis sedang yang belajar dengan
model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung,
(5) mengungkap perbedaan hasil belajar siswa pada kategori kecerdasan logis matematis
rendah yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan
model pembelajaran langsung.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi experimen serta desain penelitian factorial 2x3 .Populasi penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas VII MTs. As’adiyah No. 8 Kampiri berjumlah 42 orang. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VII2 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII1 sebagai kelas
kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik,
berupa pre-test dan post-test serta tes kecerdasan logis matematis.Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Problem
Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs.
As’adiyah No. 8 Kampiri, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar
matematika siswa kelas VII MTs. As’adiyah No. 8 Kampiri yang diajar menggunakan model
pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung, (3)
terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kategori kecerdasan logis matematis tinggi yang
belajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model
pembelajaran langsung, (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kategori kecerdasan
logis matematis sedang yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction
(PBI) dengan model pembelajaran langsung, (5) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada
kategori kecerdasan logis matematis rendah yang belajar dengan model pembelajaran
Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung