DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logis Matematis pada Kelas VII MTs. As’adiyah No. 8 Kampiri Kab. Wajo
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
153.9 Kecerdasan dan Bakat 
Datestamp
2017-05-17 04:44:32 
Abstract :
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari tingkat kecerdasan logis matematis pada kelas VII MTs. As’adiyah No. 8 Kampiri Kab. Wajo bertujuan untuk : (1) mengungkap mengungkap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. As’Adiyah No. 8 Kampiri Kab. Wajo, (2) menguji pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. As’adiyah No. 8 Kampiri yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung, (3) mengungkap perbedaan hasil belajar siswa pada kategori kecerdasan logis matematis tinggi yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung, (4) mengungkap perbedaan hasil belajar siswa pada kategori kecerdasan logis matematis sedang yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung, (5) mengungkap perbedaan hasil belajar siswa pada kategori kecerdasan logis matematis rendah yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen serta desain penelitian factorial 2x3 .Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs. As’adiyah No. 8 Kampiri berjumlah 42 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII2 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik, berupa pre-test dan post-test serta tes kecerdasan logis matematis.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. As’adiyah No. 8 Kampiri, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. As’adiyah No. 8 Kampiri yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung, (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kategori kecerdasan logis matematis tinggi yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung, (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kategori kecerdasan logis matematis sedang yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung, (5) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kategori kecerdasan logis matematis rendah yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan model pembelajaran langsung 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin