DETAIL DOCUMENT
Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kepribadian Peserta didik di SMPAlIslam Benteng Tellue Amali Bone
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
155.4 Psikologi Anak 
Datestamp
2017-05-24 06:41:28 
Abstract :
Tesis ini membahas tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kepribadian Peserta Didik SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali Bone. Permasalahan dalamn penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: bagaimana gambaran pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali Bone; bagaiamana gambaran kepribadian peserta didik SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali Bone; apa faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangan kepribadian peserta didik di SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali Bone; bagaiamana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi faktor penghambat pengembangkan kepribadian peserta didik di SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali Bone. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan pedekatan antardisiplineryaitu pedagogis, psikologis dan religius dan filosofis. Lokasi penelitian difokuskan di SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali Bone. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan menggnakan triangulasi untuk memastikan validitas data terhadap variabel-variabel yang diteliti. Penelitian ini menemukan bahwa pendidikan agama Islam di SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali Bonetelah terlaksana, sebagai wujud dari upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kepribadian peserta didik melalui didikan, bimbingan dan arahan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Memberikan keteladanan sebagai upaya membiasakan peserta didik bertingkah laku yang baik. Namun, hasil dari pelaksanaan pendidikan agama Islam yang diupayakan oleh guru pendidikan agama Islam belum maksimal, disebabkan adanya beberapa faktor penghambat seperti, kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya pendidikan agama Islam, pengaruh lingkungan/pergaulan dan kurangnya perhatian dan kerja sama dari orang tua peserta didik, faktor penghambat tersebut berimplikasi pada tingkah laku peserta didik kurang baik dan masih membutuhkan pembenahan dan pengembangan secara intensif. Sebagai implikasinya, guru pendidikan agama Islam di SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali Bone, diharapkan lebih meningkatkan pelaksanaan pendidikan agama Islam dengan melaksanakan berbagai kegiatan-kegiatan keagamaan, agar peserta didik sibuk dengan kegiatan tersebut dan terhindar dari pengaruh pergaulan yang dapat membahayakan masa depannya. Kegiatan keagamaan dapat membantu penginternalisasian nilai-nilai Islam dalam diri masingmasing peserta didik, yang pada akhirnya terwujud dalam tindakan dan tingkah lakunya. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin