Abstract :
Tesis ini merupakan kajian tentang pengaruh kreativitas dan gaya
mengajar guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik
bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten
Pangkep. Mengemukakan pokok masalah “Bagaimana pengaruh kreativitas dan
gaya mengajar guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta
didik bidang studi Pendidikan Agama Islam”. Diikuti dengan empat sub masalah,
yakni: Bagaimana gambaran dan gaya mengajar guru dalam proses
pembelajaran?, Bagaimana pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar peserta
didik?, Bagaimana pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta
didik?, Bagaimana pengaruh kreativitas dan gaya mengajar guru dalam proses
pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum kreativitas dan gaya
mengajar guru dalam proses pembelajaran, menemukan dan menganalisis
pengaruh kreativitas dan gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap
prestasi belajar peserta didik baik secara parsial maupun secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar peserta didik bidang studi PAI di SMA Negeri 1
Pangkajene Kabupaten Pangkep.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan
(field research) dengan jenis deskriftif kuantitatif yang dilaksanakan di SMA
Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Teknik pengambilan sampel
menggunakan tekhnik random sampling, dengan instrument pengumpulan data
pedoman observasi, angket dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa kreativitas dan gaya
mengajar guru Pendidikan agama Islam t ermasuk sedang, hal ini dibuktikan
47,83% yang memiliki kreativitas sedang dan 45,65% yang memiliki gaya
mengajar sedang, terdapat pengaruh yang positif antara kreat ivitas guru terhadap
prestasi peserta didik yaitu sebesar 10,8 % kreativitas guru mempengaruhi
prestasi belajar peserta didik, terdapat pengaruh yang positif antara gaya
mengajar guru terhadap prestasi beljar peserta didik yaitu 9,3 % gaya mengaar
guru mempengaruhi prestasi belajar peserta didik, terdapat hubungan positif dan
signifikan antara kreativitas dan gaya mengajar guru secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten
Pangkep dengan koefisien determinasi R2y (1,2) sebesar 0,159 berarti Kreativitas
dan Gaya Mengajar guru secara bersama-sama mempengaruhi 15,9% perubahan
pada variabel prestasi belajar peserta didik (Y).
Perlu adanya peningkatan kreativitas dan gaya mengajar guru dalam
pembelajaran PAI di sekolah karena dengan peningkatan kreativitas dan gaya
mengajar ini terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar PAI peserta didik.