Abstract :
Masalah pokok dalam Penelitian ini adalah Kesiapan psikologis peserta
didik dalam pembelajara akidah akhlak di MTs Negeri Sinjai kabupaten Sinjai.
Adapun submasalah yang dikaji dalam pembahasan ini adalah tentang kondisi
psikologis peserta didik dalam pembelajara akidah akhlak dan proses pembelajaran
akidah akhlak di MTs Negeri Sinjai, faktor yang mempengaruhi kesiapan peserta
didik serta upaya guru akidah akhlak dalam mengatasi kendala psikologis peserta
didik dalam pembelajaran akidah akhlak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui kondisi dan kesiapan
psikologis peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs negeri Sinjai, 2)
mengetahui proses pembelajaran materi Akidah Akhlak di MTs negeri Sinjai, 3)
mengetahui faktor yang mempengaruhi kesiapan peserta didik dalam pembelajaran
Akidah Akhlak, 4) menemukan upaya-upaya atau solusi terhadap kendala psikologis
yang dialami peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini tergolong jenis penelitian yang bersifat kualitatif dengan
menggunakan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini meneliti kesiapan psikologis
peserta didik serta upaya guru dalam mengatasi kendala psikologis peserta didik
dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai. Peneliti
menganalisis untuk mendapatkan hasil yang akurat, dengan menggunakan teknik
penelitian observasi, interview, serta dokumentasi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Kondisi psikologis peserta didik dalam
pembelajaran akidah akhlak berbeda-beda antara satu peserta didik dengan peserta
didik lainnya. Kelas VII belum seluruhnya memiliki kesiapan psikologis dalam
menerima materi pelajaran, kelas VIII dan IX rata-rata sudah siap secara psikologis
dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena peserta didik kelas VII masih
membawa cara dan sikap belajarnya dari Sekolah Dasar, 2) Dalam pembelajaran
akidah akhlak guru berpedoman pada silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang telah disusun. Proses pembelajaran meliputi tiga langkah yaitu kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Metode dan media pembelajaran yang
digunakan juga bervariasi sesuai dengan materi yang akan diajarkan (3) Beberapa
faktor yang mempengaruhi kesiapan psikologis peserta didik dalam pembelajaran
diantaranya adalah hubungan peserta didik dengan temannya, kurangnya perhatian
orangtua, ketidaknyamanan kondisi ruangan kelas, mass media seperti televisi,
handphone, komik dan lain sebagainya, dan metode mengajar guru yang kurang tepat
dan menyenangkan (4) diantara upaya yang telah dilakukan oleh guru dalam
mengatasi kendala psikologis peserta didik adalah membuat kondisi kelas yang
nyaman untuk belajar, memilih metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, serta merangsang minat dan motivasi peserta didik dengan
pemberian hadiah dan hukuman.
Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) kesiapan
psikologis peserta didik dalam pembelajaran dapat mempengaruhi keberhasilan
belajar peserta didik, (2) seorang guru harus menyadari dan mengetahui tentang
kondisi dan kesiapan peserta didik dalam pembelajaran serta selalu menggunakan
metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan. (3) Seluruh guru khususnya
guru materi Akidah Akhlak hendaknya selalu memperhatikan kesiapan kondisi
psikologis peserta didik dalam pembelajaran dan mengupayakan mengatasi kendala
psikologis peserta didik.