Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Datestamp
2017-05-31 04:51:25
Abstract :
Tesis ini membahas tentang strategi kepala sekolah memotivasi minat peserta
didik belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kendari. Pokok
permasalahannya adalah bagaimana strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam
memotivasi minat peserta didik untuk belajar Pendidikan Agama Islam di SMA
Negeri 2 Kendari.
Penelitian tesis ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan
yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan pedagogis, psikologis, dan
pendekatan yuridis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif.
Sampel diambil dengan teknik total sampling peserta didik dengan jumlah
responden, yaitu kelas X, XI dan kelas XII berjumlah 200 orang. Pengolahan data
menggunakan analisis induktif, yakni dengan menghitung hasil angket dengan
perhitungan persentase sederhana ( P = F/N x 100 (%)).
Hasil penelitian diperoleh berdasarkan pengolahan data di lapangan. Untuk
persentase jumlah responden dan keseluruhan angket yang disebar ke 200 responden
diperoleh rekapitulasi dari 20 butir pernyataan responden di SMA Negeri 2 Kendari
tentang strategi kepala sekolah memotivasi minat peserta didik belajar Pendidikan
Agama Islam adalah pada kategori positif dengan jawaban ‚sering‛ sebesar 66,61
persen. Selebihnya pada kategori sedang ‚(kadang-kadang)‛ sebesar 20,50 persen
dan untuk kategori negatif ‚(tidak pernah)‛ sebesar 13,50 persen. Pencapain hasil
belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ke arah yang lebih baik dengan nilai
rata-rata 79,16. Nilai hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut
dapat dikategorikan "tinggi" dan bila didasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimum
(KKM) yaitu nilai "70" maka semua peserta didik (responden) dinyatakan tuntas.
Implikasi penelitian ini adalah perlu adanya upaya dalam pelaksanaan
strategi kepala sekolah memotivasi peserta didik belajar Pendidikan Agama Islam
di SMA Negeri 2 Kendari pada ketiga indikator yaitu, peningkatan profesionalisme
pendidik, pengembangan ibadah, dan pembinaan akhlak peserta didik. Dari hasil
penelitian diketahui terjadi perubahan tingkah laku peserta didik dan adanya
peningkatan nilai hasil belajar. Temuan ini sebagai bahan yang akan dijadikan
agenda oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja pendidik dan motivasi
belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam.