Abstract :
Penelitian ini bertujuan menganalisis ‘Ilm al-Nah}w dan ‘Ilm al-S}arf QS. al-
Rahman/55: 1-20.
Jenis penelitian dalam tesis ini yaitu penelitian pustaka (library research)
dengan menggunakan pendekatan teologis normatif, yakni menggunakan al-Qur’an
sebagai objek kajian. Pendekatan linguistik, yakni pendekatan dengan melakukan
studi kebahasaan, dalam hal ini analisis ‘Ilm al-Nah}w dan ‘Ilm al-S}arf pada QS. alRahman/55:1-20,
dan pendekatan ilmu pendidikan, yakni usaha untuk mengkaji
nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam QS. al-Rahman/55: 1-20.Adapun metode
analisis dan interpretasi data yaitu bersifat deskriptif dan menggunakan analisis
yang dilakukan secara induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis sintaksis dalam QS. alRahman/55:
1-20 yaitu: ada beberapa berfungsi sebagai mubtada’, khabar yang
berbentuk al-jumlah al-fi’liyyah, ada juga berposisi sebagai fi’l, fa’il, maf’ul bih, hal,
sifah, mudaf dan mudaf ilah. Sedangkan analisis morfologi pada QS. alRahman/55:1-20
yaitu:
mayoritas
berbentuk
fi’l
madi,
ada
jug
berbentuk
fi’l
mudari’
dan fi’l amr, fi’l sulasi mujarrad, fi’l sulasi mazid, ism fa’il, ism masdar, ism a lat,
dan lain-lain. Adapun nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam QS. alRahman/55:1-20
yaitu: nilai kasih sayang, pencerahan, keadilan, kejujuran, syukur
dan toleransi.
Pembelajaran ‘ilm al-nah}w dan ‘ilm al-s}arf sangat penting dalam
pembelajaran bahasa. Tanpa ‘ilm al-nah}w dan ‘ilm al-s}arf, maka suatu bahasa tidak
akan memiliki aturan yang dapat memperindah susunan bahasa tersebut. Diharapkan
kepada para pendidik dan semua yang berkecimpung di dunia pendidikan agar
memberikan perhatian yang serius terhadap pembelajaran ‘ilm al-nah}w dan ‘ilm al-
s}arf agar sebuah bahasa tetap lestari dengan kaidah-kaidahnya yang benar.
Begitupula dengan nilai-nilai pendidikan perlu mendapat perhatian khusus agar
peserta didik bukan hanya cerdas dari segi intelektual atau ranah kognitif semata,
namun harus dibarengi dengan budi pekerti yang luhur.