Abstract :
Skripsi ini mengkaji tentang Upaya Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik
di Pondok Pesantren Nurul Azhar Sidrap. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk
mengetahui kondisi objektif akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Nurul
Azhar Sidrap, (2) Untuk mengetahui bentuk upaya pembinaan akhlak mulia peserta
didik di Pondok Pesantren Nurul Azhar Sidrap, dan (3) Untuk mengetahui ragam
faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak mulia peserta didik di Pondok
Pesantren Nurul Azhar Sidrap.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat
deskriptif kualitatif. Sumber data di dalam penelitian ini adalah terbagi atas dua
yaitu data primer (data utama) dan data sukunder.Sumber data ditentukan dengan
menggunakan teknik purposive sampling, dengan menunjuk langsung informan yang
dapat memberikan informasi yang valid dan akurat menyangkut topik yang sedang
diteliti. Sedangkan metode pengumpulan data atau instrumen penelitian
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan/verifikasi.
Setelah peneliti melakukan proses pengumpulan data, pengolahan, dan
analisis data maka ditemukan beberapa hasil penelitian yaitu bahwa upaya
pembinaan akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Nurul Azhar Sidrap yaitu
dengan menggunakan (1) Metode ceramah dan dialog (1) Metode pembiasaan (3)
Metode keteladanan (4) Metode kegiatan ekstrakurikuler (5) Metode keluarga (6)
Metode Nasehat. Selanjutnya, Faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak
mulia peserta didik. Pendukung: (1) Adanya kerjasama antara pihak madrasah
dengan orang tua peserta didik (2) Peserta didik tinggal di lingkungan pesantren (3)
Diadakannya alat olahraga dan buku-buku paket di perpustakaan (4) Lingkungan
Pondok Pesantren yang nyaman dan jauh dari keramaian. Penghambat: (1)
kurangnya pembina di pondok Pesantren Nurul Azhar Sidrap (2) Kurangnya
kesepahaman antara Pembina (3) Kurangnya sarana dan prasarana yang memadai.
Sedangkan implikasi dari hasil penelitian ini adalah mendorong para Pembina
dan orang tua untuk lebih aktif dalam mendidik, mengasuh, dan mengawasi anakanaknya
terutama
dalam mendidik
atau menanamkan
nilai-nilai
agama/moral
sejak
anak
usia dini.